Sabtu, 23 Oktober 2010

DEDE MAU SHOLAT

Saya berharap setiap agama ada dihatiku, sehingga saya dapat bertoleransi dan berempati pada semua umat manusia!

*

Suatu hari, saat menjelang sore si dede terlihat agak repot dan mengambil air di kran untuk membasahi telinga, muka, dan tangannya.

Ketika ditanya maksud tujuannya ia berlaku demikian, dengan spontan ia menjawab, "Dede mau sholat!"

"Lho, kan dede ke gereja!" Saya mengingatkan.

"Iya, tapi sekarang dede mau sholat dulu, kayak Pais, teman dede di Cirebon!" Si dede menjelaskan.

Saya tidak berusaha melarangnya, ia lalu masuk kamar dan melakukan ritual layaknya orang yang sedang sholat dengan khusuknya.
Setelah melihatnya sudah selesai, kemudian saya bertanya, "Kok dede bisa sih sholatnya?"

"Bisa dong, kan dede diajarin Pak Rano waktu di Cirebon! Doanya kan sama Tuhan juga, pi!"
Dengan lucu ia menuturkan.

Terus terang saya senang melihat si dede bisa berbuat demikian. Begitu juga saat ia mau pergi ke gereja dan juga vihara.
Saya hanya ingin ia bisa merasakan semua agama di hatinya, sehingga kelak ia memiliki toleransi dan empati kepada semua pemeluk agama dimanapun juga.

Pada akhirnya juga ia sendiri yang akan menemukan kebenaran yang sesuai nuraninya sebagai penuntun hidup.

Tidak ada komentar: