Jumat, 22 Oktober 2010

DEDE MAU DIBELIIN OBAT KUAT

KARENA KETIDAKTAHUAN DAN KELUGUAN SEORANG ANAK KECIL, KITA BISA MENJADIKANNYA SEBAGAI PEMBELAJARAN DAN JUGA PENGAJARAN


Gila benar, anak kecil minta dibelikan obat kuat, buat apa?! Ini pasti karena si dede belum memahami apa yang dimaksud obat kuat itu!
Kalau kita yang sudah dewasa, pasti sudah tahu apa yang dimaksud obat kuat tersebut.

Seperti kita ketahui dan seringkali kita temui disepanjang jalan yang kita lalui, terdapat kios yang bertuliskan "OBAT KUAT"!

Suatu hari ketika berpergian si dede melihat tulisan tersebut dan berkata, "Pi, dede mau dong dibeliin obat kuat, abis badan dede pada lemas! Kan dede kemarin abis renang! Boleh ya, pi?!"

Sejenak saya terdiam dan bingung untuk menjawab keinginannya. Sebelum saya menjawab , ia sudah berkata lagi, "Boleh,kan, pi?!"

Tentunya saya tidak akan membelikan untuknya, tetapi alasan yang tepat yang harus saya dapatkan, karena si dede biasanya sangat kritis. Apabila jawaban tidak mengena, maka si dede akan terus bertanya.

Oleh sebab itu saya katakan,"Dede, obat kuat itu bukan untuk anak kecil! Obat kuat untuk anak kecil itu adalah susu! Kalau dede setiap hari minum susu, pastinya badan dede akan kuat.

"Tapi dede kan tiap hari udah minum susu, ini masih lemas! Dede pengen coba obat kuat yang tadi itu, beliin aja sih, pi!"Si dede masih penasaran berat.

Nah, tambah bingung saya.
Akhirnya saya hanya bisa mengatakan, "Dede, obat kuat yang itu gak cocok buat dede, kan papi udah bilang, itu buat orang gede. Nanti kita cari yang buat anak kecil ya!"

Begitulah kalau anak maunya yang aneh-aneh. Tentu sebagai orangtua yang terpenting adalah selalu siap untuk menjawab dan memberikan penjelasan yang bisa diterima dan sesuai dengan pemikirannya.
Dalam hal ini, kita tak boleh menyepelekan dengan menjawab pertanyaan dan rasa penasaran mereka dengan sekenanya yang kemudian justru membuat mereka semakin penasaran.

Banyak orangtua menyepelekan masalah ini. Ketika seorang anak dengan keinginannya dan rasa penasaran bertanya, tak jarang orangtuanya mengabaikan atau memberikan jawaban sekenanya.

Saya katakan hal ini juga termasuk salah satu bentuk perhatian kepada seorang anak, akan rasa ingin tahunya.

Akhirnya, ketika tiba di mall, saya menemukan obat kuat yang cocok untuknya!
Apakah itu?
Sebuah mainan gasing saja, sudah cukup membuat si dede semangat dan bergairah hehehe murah meriah lagi!

Tidak ada komentar: